Sabtu, 02 April 2011

Rasio Keuangan

1) Rasio Pertumbuhan
Rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan guna mempertahankan posisi ekonominya dalam pertumbuhan ekonomi dan industry. Salah satu bagian dari rasio ini adalah Earning Per Share (EPS).
2) Rasio Likuiditas
Rasio ini memperlihatkan hubungan antara kas dan aktiva lancar perusahaan lainnya terhadap kewajiban lancar (jangka pendek) yang dimiliki perusahaan. Salah satu bagian dari rasio ini adalah Current Ratio (CR).
3) Rasio Aktivitas
Rasio ini dipergunakan untuk mengukur seberapa efektif perusahaan dalam mengelola aktivanya. Salah satu bagian dari rasio ini adalah Total Asset Turn Over (TATO).
4) Rasio Profitabilitas
Rasio ini menunjukkan pengaruh gabungan dari rasio likuiditas, pengelolaan aktiva, dan pengelolaan hutang terhadap hasil operasi. Salah satu bagian dari rasio ini adalah Return On Equity (ROE) dan Return On Asset (ROA).
5) Rasio Leverage
Rasio ini menunjukkan seberapa besar tingkat penggunaan hutang sebagai sumber pembiayaan perusahaan. Salah satu bagian dari rasio ini adalah Debt to Equity Ratio (DER).
6) Rasio Penilaian / Rasio Nilai Pasar
Rasio ini digunkakan untuk mengukur kemampuan manajemen dalam menciptakan nilai pasar yang melampaui pengeluaran biaya investasi. Salah satu bagian dari rasio ini adalah Price to Book Value (PBV).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar