Sabtu, 21 Mei 2011

Modal Ventura

Pendahuluan
Memasuki era Pembangunan Jangka Panjang Tahap II (PJPT II) Pemerintah sangat mengharapkan dunia usaha swasta untuk turut berpartisipasi secara langsung dalam mengembangkan perekonomian nasional agar dapat mencapai t ujuan tinggal landas yang sudah dicanangkan. Sebagai salah satu langkah kebijaksanaannya adalah pemerintah akan akan memusatkan perhatiannya pada pembinaan dan pengembangan sektor swasta kecil dan menengah, karena keberhasilan sektor ini dapat dijadikan salah satu landasan yang kuat untuk menopang laju pertumbuhan perekonomian nasional. Dan Tahun 1991 merupakan tonggak berdirinya Perusahaan Modal Ventura di Indonesia, Contohnya adalah PT. Bahana Artha Ventura.
Sumber pembiayaan dengan hutang, terutama dari Bank, saat ini dirasakan sangat berat oleh kalangan pengusaha, karena tingkat bunga pinjaman yang dibebankan oleh Bank relative masih cukup tinggi, sementara peningkatan produksi serta pemasaran productnya belum cukup untuk menutup beban bunga tersebut, disamping itu juga harus ada jaminan. Akibat dari keadaan ini, banyak pengusaha kecil dan menengah yang menunda bahkan ada yang mengurungkan niatnya untuk melakukan ekspansi ataupun mengembangkan usahanya.

Pengertian
1. Modal Ventura adalah suatu pembiayaan oleh suatu perusahaan yang prinsip pembiayaannya adalah penyertaan modal untuk jangka panjang yang memiliki resiko tinggi, dan dugunakan untuk pembentukan dan pengembangan usaha-usaha baru baik di bidang tekhnologi maupun yang non-tekhnologi, dan dimana perusahaan Modal Ventura mengharapkan dana mengalami Capital Gain disamping pendapatan bunga atau Dividen.
2. Perusahaan Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka panjang waktu tertentu. (Keppres No. 61 Tahun 1998)
3. Modal Ventura adalah invesatasi jangka panjang dalam bentuk pemberian modal yang mengandung resiko dimana dana (Venture Capitalist) mengharapkan Capital Gain disamping pendapatan bunga atau Dividen. (Tony Lorenz, 1985)
4. Modal Ventura adalah suatu pembiayaan oleh suatu perusahaan pasangan usahanya yang prinsip pembiayaannya adalah penyertaan modal. Perusahaan yang menerima penyertaan modal disebut Perusahaan Pasangan Usaha atau Investee Company. Perusahaan yang melakukan penyertaan modal disebut juga Perusahaan Modal Ventura. (Y. Sri Susilo-Sigit Triandaru-A. Totok Budi Santoso)
5. Modal Ventura adalah usaha penyediaan pembiayaan untuk memungkinkan pembentukan dan pengembangan usaha-usaha baru baik di bidang tekhnologi maupun non-tekhnologi. (Robert White)
6. Modal Ventura adalah dana yang diinvestasikan pada perusahaan atau individu yang memiliki resiko tinggi. (Clinton Richardson)

Sektor Yang di Prioritaskan
1. Usaha berskala kecil dan menengah.
2. Industri yang menghasilkan product berorientasi ekspor.
3. Pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.
4. Jasa-jasa angkutan darat, laut, dan udara.

Tujuan Perusahaan Modal Ventura
1. Mengembangkan aspek perusahaan yang sedang berkembang.
2. Membantu aspek pendanaan terutama pada tahap awal.
3. Memperlancar mekanisme investasi dalam dan luar negeri.
4. Mengembangkan tekhnologi baru dan alih tekhnologi.
5. Pengalihan kepemilikan perusahaan.
6. Melayani konsultasi management dan perencanaan bisnis.
7. Terlaksananya pendirian dan atau pembentukan suatu perusahaan.

Manfaat Modal Ventura
Manfaat Modal Ventura Berdasarkan Pihak Yang Menerimanya (Perusahaan Pasangan Usaha)
1. Merupakan alternative pembiayaan yang paling murah, tidak ada beban bunga yang harus dipikul perusahaan.
2. Untuk kasus tertentu, tambahan modal baru dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk melakukan pinjaman.
3. Peningkatan kemungkinan berhasilnya usaha.
4. Perusahaan mempunyai mitra baru (Perusahaan Modal Ventura) yang umumnya mempunyai reputasi yang baik dikalangan dunia usaha dan pemerintah.
5. Perusahaan dapat menggunakan jaringan-jaringan usaha dari mitra barunya yang cukup luas dan sudah mapan.
6. Peningkatan efisiensi dan kegiatan usaha yang professional.
7. Peningkatan kemampuan pengembangan usaha.

Manfaat Bagi Perusahaan Modal Ventura
1. Peningkatan kemampuan tekhnis, pengalaman karyawan dan staff Perusahaan Modal Ventura.
2. Peningkatan Informasi tentang Modal Ventura.

Jenis Pembiayaan
Perusahaan Modal Ventura dapat memberikan bantuan dana kepada suatu perusahaan dalam satu atau lebih bentuk, antara lain :
1. Penyertaan Saham Langsung.
Jenis pembiayaan ini adalah penyertaan langsung dalam bentuk saham di perusahaan pasangan usaha (PPU), dengan syarat PPU tersebut sudah merupakan Perseroan Terbatas atau akan didirikan Perseroan Terbatas bersamaan dengan masuknya Perusahaan Modal Ventura sebagai pemodal ke dalam PPU.
2. Obligasi Konversi.
Jenis pembiayaan ini adalah dalam bentuk obligasi yang dapat dikonversikan ke dalam saham biasa yang dikeluarkan oleh perusahaan pasangan usaha yang sudah berbentuk Perseroan Terbatas.
3. Pola Bagi Hasil / Partisipasi Terbatas.
Jenis pembiayaan ini adalah dengan menentukan persentase tertentu dari keuntungan setiap bulan (periode tertentu) yang akan diberikan oleh PPU kepada Perusahaan Modal Ventura.
4. Pinjaman dengan suku bunga yang relative randah.
5. Pinjaman yang tidak perlu dibayar apabila perusahaan belum mampu menutupi semua biaya operasinya.
6. Pinjaman yang apabila terjadi likuidasi, maka pengembaliannya berada pada prioritas setelah obligasi dan pinjaman lainnya.
7. Dan lain-lain sepanjang tidak bertentangan dengan prinsip Modal Ventura.

Mekanisme Modal Ventura
Atas dasar cara pemberian dua jeni bantuan (Financial and Management), Modal Ventura dapat dibedakan menjadi :
1. Single Tier Approach.
Pendekatan ini menempatkan sebuah perusahaan Modal Ventura dalam dua fungsi, yaitu sebagai pemberi bantuan pembiayaan dan sebagai pemberi bantuan management / pengolahan dana.

2. Two Tier Approach.
Pendekatan ini memungkinkan sebuah perusahaan pasangan usaha untuk menerima bantuan pembiayaan dan bantuan management dari Perusahaan Modal Ventura yang berbeda.

Atas dasar cara penghimpunan dana, Modal Ventura dapat dibedakan menjadi :
1. Leverage Venture Capital.
Perusahaan Modal Ventura secara umum dapat menghimpun dana dari pinjaman dan juga modal sendiri (investor perorangan, perusahaan dana pension, perusahaan asuransi, suatu perusahaan besar pemerintah, dan lainnya) dalam berbagai bentuk.
2. Equity Venture Capital.
Modal Ventura yang bersumber dari suatu perusahaan modal ventura dengan sebagian besar penghimpunan dananya dalam modal sendiri dalam berbagai bentuk.

Atas dasar kepemilikan, Modal Ventura dapat dibedakan menjadi :
a. Private Venture Capital Company.
Adalah perusahaan modal ventura yang belum go public atau belujm menjual sahamnya melalui bursa efek.
b. Public Venture Capital Company.
Adalah perusahaan modal ventura yang telah go public atau telah menjual sahamnya melalui bursa efek.
c. Bank Venture Capital Company.
Adalah perusahaan modal ventura yang didirikan bank-bank yang mengalami surplus dana atau memang mempunyai misi khusus dalam hal modal ventura.
d. Conglomerate Venture Capital Company.
Adalah perusahaan modal ventura yang didirikan oleh sejumlah perusahaan besar.

Kunci keberhasilan agar perusahaan pasangan usaha menjadi dapat berkembang dan berdiri sendiri adalah :
A. Bantuan diarahkan agar perusahaan pasangan usaha dapat berdiri sendiri, baik dari sisi pengolahan maupun dari pendanaan.
B. Kegiatan usaha dilakukan dengan dukungan sumber daya manusia yang tepat dari segi kualitas, kuantitas, dan proporsi untuk kebutuhan jangka panjang perusahaan.
C. Kegiatan usaha dilakukan dengan dukungan modal yang cukup dan sesuai dengan kebuthan jangka panjang.
D. Kesepakatan yang dibuat harus tegas, namun fleksibel terhadap perkembangan perekonomian dan tekhnologi.
E. Dukungan dan adanya sumber daya manusia dari pihak Perusahaan Modal Ventura (PMV) yang memadai sesuai dengan karakteristik dari masing-masing perusahaan pasangan usaha.

Faktor pendorong Modal Ventura adalah sebagai berikut :
1. Dihapuskannya system pajak berganda mulai tahun 1991.
2. Dimudahkannya proses penggunaan tenaga kerja asing untuk mengatasi kelangkaan professional yang memahami modal ventura.
3. Diizinkannya pemberian dana melalui skema bagi hasil.
4. Adanya niat pemerintah, melalui BUMN dan pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha kecil menengah melalui modal ventura.

Mekanisme Investasi PMV dengan PPU adalah sebagai berikut :
1. Seleksi awal, merupakan kegiatan evaluasi untuk mengetahui apakah aplikasi yang diajukan oleh calon PPU termasuk dalam lingkup Kriteria penanganan PMV, yaitu bentuk badan usahanya, bidang bisnisnya, skala usaha, dan kepemilikan badan usaha.

2. Penjajakan, merupakan kegiatan penilaian pendahuluan yang mencakup kegiatan desk research, diskusi dan lain-lain untuk mendapatkan gambaran dan kejelasan atas permasalahan yang ada dan mungkin timbul, kewajiban usulan proyek, kebutuhan yang sebenarnya diperlukan oleh calon PPU, dan prospek bisnisnya.

3. Evaluasi, merupakan kegiatan penilaian proyek secara mendalam dilihat dari aspek pemasaran, aspek tekhnis, aspek management, aspek keuangan, dan aspek hukum.

4. Konfirmasi, merupakan surat yang berisi mengenai persetujuan prinsip dan persyaratan / ketentuan keikutsertaan PMV ke dalam bisnis yang diajukan / dimohonkan kerjasama oleh calon PPU.

5. Persiapan kerjasama, meliputi :
• Perhitungan nilai harta oleh calon PPU sebagai bagian dari setoran saham yang menjadi kewajibannya. Perhitungan nilai dilakukan melalui penilaian kembali atas harta (baik dilakukan oleh pihak III maupun PMV bersama-sama dengan calon PPU).
• Shareholder Agreement.
• Penelitian atas dokumen-dokumen legal yang mendukung atas hak dan kewajiban dari perseroan yang akan dibentuk.
• Penyusunan rencana implementasi.

6. Pendirian PT, merupakan dasar pengesahan kerjasama antara PMV dan PPU secara yuridis, sedangkan kegiatan pendirian PT adalah pembentukan / perubahan anggaran dasar PT, rapat pendiri, dan RUPS untuk pengesahan rencana kerja dan penetapan.

7. Implementasi, merupakan realisasi atas rencana yang telah disepakati bersama yang mencakup realisasi atas pembangunan fisik, penambahan modal kerja, besarnya kebutuhan dana, dan sumber dana yang akan dimanfaatkan merupakan kegiatan pada tahap implementasi :
I. Pencarian dana sesuai jadwal kegiatan.
II. Implementasi system dan prosedur administrasi keuangan.
III. Pembangunan fisik.
IV. Pengamatan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan fisik.
V. Supervisi.
VI. RUPS pengesahan pelaksanaan implementasi dan rencana kerja tahun pertama komersial.

8. Komersial, merupakan komersialisasi bisnis yang telah disepakati bersama, dalam hal ini dapat dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu :
A. Kegiatan komersial proyek operasional yang meliputi pengamatan dan evaluasi perkembangan usaha dan pelaksanaan rencana kerja berdasarkan laporan keuangan bulanan, kunjungan setempat, dan laporan khusus, supervise, penyusunan dan evaluasi rencana kerja penanganan khusus (di luar rencana kerja), Rapim, dan RUPS.
B. Kegiatan tahap komersial proyek gagal, yaitu mengupayakan membangkitkan kembali PPU dengan menawarkan kepada pihak III untuk ikut mengelola perusahaan dengan cara kerjasama bagi hasil, menjadi salah satu pemegang saham, pembubaran kerjasama (divestasi negative) dengan jalan menawarkan kepada PPU untuk melanjutkan sendiri dengan membeli kembali saham yang dimiliki PMV, menjual perusahaan atau asset perusahaan dan hasilnya dibagi secara proporsional, setelah dikurangi dengan pelunasan seluruh kewajibannya.

9. Divestasi, seperti disebutkan di atas, investor Modal Ventura hanya bersifat sementara atau tidak akan menjadi pemodal untuk selamanya di suatu perusahaan, karena memang tujuannya untuk membantu pengembangan suatu usaha.

Karakteristik Usaha Yang Potensial
A. Memiliki tekhnologi, product, ciri atau merk yang sulit ditiru atau disaingi.
B. Memiliki potensi pertumbuhan penjualan jangka panjang yang tinggi dan kontinyu.
C. Memiliki potensi laba bersih pertahun sekitar 30 % dari nilai investasi atau lebih. Lebih baik lagi jika potensi keuntungan bagi investor adalah lima atau sepuluh kali nilai investasi dalam tiga periode atau lima tahun sejak investasi.
D. Memiliki bukti atau potensi keberhasilan yang jelas.
E. Bersedia dijadikan perusahaan public, demerger dengan perusahaan lain, atau dijual kepada perusahaan atau investor lain.
F. Keberhasilan bisa dicapai dalam periode tidak lebih dari sepuluh tahun, karena surat keputusan Menteri Keuangan No. 1251/1998 membatasi periode investasi PMV selama sepuluh tahun.

35 komentar:

  1. Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  2. Kabar baik untuk semua pelanggan terhormat kami, kami di JUDITH FRANKLIN PINJAMAN PERUSAHAAN tawaran pinjaman dari 2% bunga, tetapi saat ini kami menawarkan pinjaman dari 1,5% bunga karena akhir kami dari bonanza tahun. Anda datang pada waktu yang tepat, kami mendesak Anda bahwa jika Anda mengikuti instruksi dan direktif kami, Anda akan bisa mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam setelah aplikasi. hubungi kami melalui judithfranklinloanfirm@gmail.com.
    Terima kasih Untuk Binaan Anda.

    BalasHapus
  3. Tracy Morgan pinjaman firm, sebagai bagian dari promosi Natal/New Year yang sedang berlangsung, kami sedang persembahan pribadi, pribadi dan komersial pinjaman kepada calon pelamar membutuhkan mendesak pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Mengapa menunggu, Apakah Anda perlu uang mendesak? Kami memiliki uang untuk pinjaman Anda.
    Layanan Keuangan pinjaman kami adalah 100% dijamin.
    Daftar sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
    Email: tracymorganloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  4. Tracy Morgan pinjaman firm, sebagai bagian dari promosi Natal/New Year yang sedang berlangsung, kami sedang persembahan pribadi, pribadi dan komersial pinjaman kepada calon pelamar membutuhkan mendesak pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Mengapa menunggu, Apakah Anda perlu uang mendesak? Kami memiliki uang untuk pinjaman Anda.
    Layanan Keuangan pinjaman kami adalah 100% dijamin.
    Daftar sekarang dan bergabung dengan ribuan pelanggan yang puas.
    Email: tracymorganloanfirm@gmail.com

    BalasHapus

  5. Halo,Nama saya Novi Setyaningsih dari kota megalang, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scammers di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di syngapore dan saya scammed oleh orang di syngapore. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Mrs. Emiliana, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp700,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Mrs Emilaian tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com

    i menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setyaningsihnovi1990@gmail.com dan Ibu Aisha bukafia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs.Emiliana, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Mrs. Emiliana Anda dapat juga menghubungi dia melalui email: mrsaishabukafia@gmail.com Sekarang,

    semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT untuk menggunakan Mrs. Emiliana mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya seorang pemilik bangga bisnis saya sendiri, semoga Allah terus memberkati Mrs Emiliana dan terus menggunakan nya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan

    BalasHapus
  6. Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    BalasHapus
  7. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  8. Selamat siang

      ini adalah global Yayasan Dana, kami memberikan pinjaman per tahunan. 100% Pendanaan Proyek dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia. Kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami. Dengan paket pinjaman fleksibel, pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin. Kami beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien, perusahaan, perusahaan, dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate. Hubungi kami dengan nama di bawah ini. Jika Anda mencari cara untuk mendapatkan kontak pinjaman kami kami dapat membantu Anda keluar. EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com

    BalasHapus
  9. Selamat siang Semua orang,

    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Alyasaa Daburah Lender saat ini menawarkan pinjaman jangka panjang dan pendek untuk individu perusahaan dan badan-badan yang serius membutuhkan dukungan keuangan untuk meningkatkan bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya pada tingkat bunga rendah berlaku untuk bekerja sama jenis pinjaman keuangan, dalam setiap bagian dari dunia ini terjangkau, apa keunggulan kompetitif, pada suku bunga rendah, fasilitas dijamin, Mari kita aplikasi Anda sekarang dengan rincian untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut di bawah ini
    melalui email: alyasaadaburahlenders@gmail.com

    BalasHapus
  10. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIP S
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  11. Halo,
    Hari baik, saya adalah pemberi pinjaman pribadi yang terdaftar. Kami memberikan pinjaman untuk membantu orang-orang yang perlu memperbaiki posisi keuangan mereka di seluruh dunia dengan tingkat bunga tahunan yang sangat kecil serendah 2% dalam waktu satu tahun sampai 30 tahun. Di bagian manapun di dunia ini, kami memberikan pinjaman dalam kisaran € 4.000 sampai € 100 juta. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimal adalah prioritas kami. Pihak yang berminat harus menghubungi kami melalui email:

    Pascalfrankloans@gmail.com


    Anda telah ditolak oleh banyak bank.
    Anda tidak perlu membiayai perluasan bisnis Anda.
    Anda tidak perlu pinjaman pribadi.

    Terapkan untuk pinjaman yang dikirim di bawah rinciannya:
    1. nama lengkap
    2. Alamat
    3. nomor
    4. Jangka waktu
    Nomor telepon
    6. Pekerjaan
    Kembalilah kami secepat mungkin
    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    Pak Pascal

    BalasHapus
  12. Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia berkahwin tetapi suami saya meninggal dunia dalam kemalangan kereta, Saya ditinggalkan dengan tiga kanak-kanak kepada diri saya sendiri untuk melatih, pada 9 Okt 2016 anak saya akhirnya keluar dengan kawan-kawannya untuk pakej hiburan ( Subang Jaya) dalam 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, malangnya brek gagal dan mengalami kemalangan yang teruk yang hampir kos mereka kehidupan mereka, tetapi Allah masih disimpan tetapi anak-anak saya mempunyai kecederaan dan doktor RM20 permintaan. 000 Saya tidak mempunyai, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman mana-mana tetapi ia tidak berjaya, dan anak saya akan mati, jadi saya mula berdoa kepada Allah untuk membantu saya kerana saya tidak mempunyai satu, I 'ma janda yang tidak membantu dengan pinjaman, saya juga cuba bank tetapi mereka mendakwa collecterial saya sekali lagi, jadi saya pergi melalui internet di mana saya boleh mendapatkan pinjaman, saya berpendapat bahawa saksi pinjaman dipanggil Lady Jane (ladyjanealice@gmail.com) jadi saya melalui e-mel beliau dan dia memberitahu saya saya perlu hubungi En Dangote melalui e-mel (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya lakukan.

    i telah diminta untuk mengisi borang dan mengemukakan kad ID saya untuk pengesahan, dan kemudian dihantar pulang ke e-mel yang lengkap dan ditandatangani dokumen dan di tengah-tengah malam saya menyemak akaun bank saya, saya terkejut berapa banyak saya untuk permohonan pinjaman itu telah dipindahkan ke akaun bank saya gembira, saya berdoa kepada Tuhan untuk pertolongan dan dia menghantar Mr. syarikat pinjaman. bantuan mr Dangote, anak saya adalah baik dan sihat, terima kasih kepada Jane dan Encik Dangote, hubungi saya melalui e-mel untuk maklumat lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

    BalasHapus
  13. Halo semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. Tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia dan bersyukur kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Nyonya Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman darinya dan dia memberi mereka email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur saja, Awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya dengan begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelahnya, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar dipindahkan ke akun saya. Seluruh proses itu sederhana. Dan pinjaman darurat pada tingkat 2% saya mendapat cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat peringatan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. Terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. Semoga tuhan memberkati kalian semua
    Terima kasih

    BalasHapus
  14. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  15. Halo Saudara dan Saudari,
    Apakah Anda memerlukan pinjaman di internet? Nama saya Ibu Ibrahim Maisara, saya adalah seorang Pemberi Pinjaman Bersertifikat di Negara-negara Asia, saya ditugaskan untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di Asia oleh Kepala Nasional Asia. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman maka Anda harus menghubungi saya di email saya dan saya akan memberikan pinjaman dalam jumlah berapa pun tanpa agunan. Yang harus kita bayar hanyalah kartu kredit yang dipindai, dan pinjaman Anda akan disetujui dalam waktu 24 jam. Hubungi kami hari ini jika Anda membutuhkan layanan kami di ibrahimmaisaralenders@gmail.com

    BalasHapus
  16. Salam pembuka!
    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari kota SEMARANG, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan semua dalam kelompok ini mencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu, aku finansial turun dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Malaysia dan saya tertipu oleh orang di Malaysia. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal dan asli disebut Ibu Glory, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp500,000,000 tanpa stres pada tingkat bunga 2% yang merupakan terjangkau tingkat bunga untuk saya.

    setelah transfer kredit saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah mentransfer langsung ke rekening saya dengan Ibu Glory tanpa penundaan. Karena saya berjanji ibu bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email:gloryloanfirm@gmail.com

    Saya menggunakan waktu ini untuk menginformasikan semua yang anda juga dapat menghubungi saya di email saya: dewiputeri9@gmail.com dan Nur Izzatul Azira Ismail, dari Malaysia yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Glory, Anda dapat juga menghubungi dia melalui email:utariwirmayaty@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT untuk menggunakan Ibu Glory mengubah cerita keuangan saya dan sekarang saya seorang pemilik bangga bisnis saya sendiri, semoga Allah terus memberkati Ibu Glory dan terus menggunakan nya untuk membantu kita semua dalam kesulitan keuangan

    BalasHapus
  17. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus

  18. Saudara dan Saudari terkasih
    Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda? Nama saya Ibu Ibrahim Maisara, saya adalah seorang Pemberi Pinjaman Bersertifikat di Negara-negara Asia, kami adalah Lembaga Keuangan yang Disetujui Pemerintah dan kami ditugaskan untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di Asia oleh Kepala Nasional Asia. Kami menawarkan pinjaman yang terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Home Improvement, Kredit Mobil dan banyak lagi. . Jadi jika anda berminat silakan hubungi kami via email di ibrahimmaisaralenders@gmail.com.
    KEPUASAN KONSUMEN KAMI ADALAH PRIDE KAMI

    BalasHapus
  19. Saudara dan Saudari terkasih
    Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda? Nama saya Ibu Ibrahim Maisara, saya adalah seorang Pemberi Pinjaman Bersertifikat di Negara-negara Asia, kami adalah Lembaga Keuangan yang Disetujui Pemerintah dan kami ditugaskan untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman di Asia oleh Kepala Nasional Asia. Kami menawarkan pinjaman yang terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Home Improvement, Kredit Mobil dan banyak lagi. . Jadi jika anda berminat silakan hubungi kami via email di: ibrahimmaisaralenders@gmail.com.
    #BBM: D8CFF0A7
    KEPUASAN KONSUMEN KAMI ADALAH PRIDE KAMI

    BalasHapus
  20. Dear Loan Seeker,

    Adakah anda memerlukan kredit kewangan yang mendesak ***? * Pemindahan SanGood gat cepat dan terus ke bank akaun * Bayaran balik anda bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan akaun bank wang * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2% * jangka panjang pembayaran balik (1-15 tahun) Tinggi * Fleksibel *** Pembayaran kemudian bulanan * . Berapa lama ia akan dibiayai? Selepas mengemukakan permohonan *** Anda boleh mengharapkan jawapan yang awal kurang daripada pembiayaan 24 jam dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan anda.

    Jika anda berminat hubungi kami melalui: silverveeloanfirm@gmail.com dan mengisi borang permohonan pinjaman di bawah.

    borang permohonan pinjaman:
    Nama penuh:....................
    Negara: .....................
    Negeri: ..............Day
    Bandar: ..............
    Seks: .........................
    Nombor telefon:...........
    Jumlah Pinjaman: ...........
    Pendapatan bulanan:..........
    Pekerjaan: ................... ....
    Tempoh pinjaman: ....................... ................
    Tujuan Pinjaman: ......................... ...........
    Alamat emel:...................... ................
    Mendapatkan Silverveeloanfirm@gmail.com
    Good Day Dear Loan Seeker,a Digunakan Sebelum? ....................

    Kami menanti borang permohonan mendesak anda untuk diisi ok. Email Us: (silverveeloanfirm@gmail.com)

    Dengan Salam.
    perak Mrs.silver
    Emaill..silverveeloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  21. Dear Loan Seeker,

    Adakah anda memerlukan kredit kewangan yang mendesak ***? * Pemindahan SanGood gat cepat dan terus ke bank akaun * Bayaran balik anda bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan akaun bank wang * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2% * jangka panjang pembayaran balik (1-15 tahun) Tinggi * Fleksibel *** Pembayaran kemudian bulanan * . Berapa lama ia akan dibiayai? Selepas mengemukakan permohonan *** Anda boleh mengharapkan jawapan yang awal kurang daripada pembiayaan 24 jam dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan anda.

    Jika anda berminat hubungi kami melalui: silverveeloanfirm@gmail.com dan mengisi borang permohonan pinjaman di bawah.

    borang permohonan pinjaman:
    Nama penuh:....................
    Negara: .....................
    Negeri: ..............Day
    Bandar: ..............
    Seks: .........................
    Nombor telefon:...........
    Jumlah Pinjaman: ...........
    Pendapatan bulanan:..........
    Pekerjaan: ................... ....
    Tempoh pinjaman: ....................... ................
    Tujuan Pinjaman: ......................... ...........
    Alamat emel:...................... ................
    Mendapatkan Silverveeloanfirm@gmail.com
    Good Day Dear Loan Seeker,a Digunakan Sebelum? ....................

    Kami menanti borang permohonan mendesak anda untuk diisi ok. Email Us: (silverveeloanfirm@gmail.com)

    Dengan Salam.
    perak Mrs.silver
    Emaill..silverveeloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  22. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah di Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    BalasHapus

  23. Apakah Anda memerlukan pinjaman internet yang nyaman untuk kepuasan Anda?
    Ibu Ibrahim Maisara Lender menawarkan pinjaman Terjangkau dengan suku bunga rendah yang tersedia bagi peminjam lokal dan internasional. Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis dan bekerja sama, kami memberikan pinjaman jangka panjang, kami menawarkan: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Konsolidasi, Penggabungan Pinjaman Perbaikan rumah, Kredit Mobil dan banyak lagi. .
    Kami memberikan pinjaman kami dalam USD ($), MYR (Rm), GBP (£), IDR (Rupiah), Euro (€), e.t.c dan mata uang lainnya di dunia.
    Hubungi Ibu Ibrahim Maisara Lender hari ini dan Anda akan mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik yang Anda inginkan.
    Hubungi kami melalui email di:
    Ibrahimmaisaralenders@gmail.com.
    BBM: D8CFF0A7

    BalasHapus
  24. Penawaran Pinjaman Terjangkau (Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com)

    Apakah Anda Membutuhkan Pinjaman Bisnis, Atau Pinjaman Pribadi, Pada 2% Jika Ya? Nama, Jumlah, Negara, Durasi Pinjaman, Telepon Handphone,
    Pelamar yang berminat harus menghubungi kami melalui email: Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com
    Penawaran Pinjaman Terjangkau (Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com)

    Mohon tulis kembali informasi pinjaman;
    *** Nama lengkap:
    *** Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    *** Durasi Pinjaman:
    *** Tujuan pinjaman:
    *** Kota / Negara:
    *** Telepon:
    *** Nama Situs:
    Pelamar yang berminat harus menghubungi kami melalui email: (Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com) atau my whatsapp +2349079785567

    Dengan hormat,

    Nyonya Arlene Williams

    BalasHapus
  25. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    BalasHapus
  26. Halo,
    Anda dipersilakan untuk AVANT FINANCE LIMITED. Tempat di mana semua kebutuhan finansial terpecahkan dan impian terpenuhi untuk kepuasan.
      Terima kasih telah memilih AVANT FINANCE TERBATAS untuk membantu dan menghentikan masalah keuangan Anda. Kami menawarkan semua jenis paket pinjaman (Personal Loan, Commercial Loans, dll.) Jumlah pinjaman kami berkisar antara 3.000,00 USD sampai 1.000.000 USD dan jangka waktu pembayaran ulang 1 tahun sampai 30 tahun dengan suku bunga 2%.
     
    Untuk memulai proses permohonan pinjaman, hubungi kami sekarang melalui email:
    avantloanson@gmail.com

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum
    'Insya Allah' ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM menawarkan pinjaman dengan tingkat persentase tahunan yang sangat rendah APR menghubungi kami melalui e-mail kami: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com} untuk menikmati hal berikut: apakah Anda ditolak oleh Bank sebagai Hasil dari sejarah kredit buruk Anda adalah Anda berutang secara finansial apakah Anda memerlukan dana untuk ekspansi bisnis atau Anda ingin memulai bisnis dengan tambahan modal atau Anda memerlukan pinjaman yang sangat besar untuk melaksanakan proyek antara lain dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda dapat mengatakan "Alhamdulillah" karena kami menjamin kelayakan kepercayaan kejujuran 100% dalam layanan kami menghubungkan kami segera BBM INVITE: {D8980E0B} atau melalui alamat e-mail di atas Assalamu'alaikum wr wb,

    BalasHapus
  28. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda untuk mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan sebagian dari jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, Kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    BalasHapus
  29. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hutang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar
    via email: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) atau melalui dia
    BBM INVITE: {D8980E0B}

    BalasHapus
  30. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  31. Halo semuanya
    Nama saya Oche Wirmayaty,, saya dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut kreditur cepat Glory, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sejumlah 600 juta dalam waktu kurang dari 6 jam tanpa tekanan atau tekanan, dengan tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji kepada Ibu Glory bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi Ibu Glory melalui email:(gloryloanfirm@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya di saya email:(aisyahyu7@gmail.com)
    Sekarang,
    Yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan. Semoga ALLAH terus memberkati perusahaan untuk kesempatan ini yang diberikan.

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    BalasHapus
  33. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belurrm mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  34. Anda bisa disetujui untuk pinjaman hari ini!

    Pinjaman yang mudah dan cepat dengan suku bunga rendah yang terjangkau saat ini terjadi di sini untuk membantu Anda saat Anda sangat membutuhkannya.

    Ibu Ibrahim Maisara Lender adalah perusahaan pinjaman sejati yang berdedikasi untuk menyediakan solusi keuangan tim profesional dan berkualifikasi tinggi dapat melayani semua jenis keadaan keuangan. Apakah Anda membeli atau membangun rumah baru, berinvestasi di bisnis, properti investasi, Menjalankan Proyek, membiayai kembali atau mengkonsolidasikan pinjaman Anda yang ada, atau bahkan membeli mobil baru, kami dapat membantu Anda mendapatkan kesepakatan terbaik.

    24 jam sehari, bahkan akhir pekan dan hari libur - proses online otomatis kami memberi Anda akses mudah ke solusi keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Bila Anda membutuhkan bantuan dari Ibu Ibrahim Maisara Lender sangat terlatih agen layanan pelanggan, hubungi kami. Agen kami berdiri tujuh hari seminggu untuk membantu Anda. Untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya, Kami menawarkan berbagai macam pinjaman dan pembiayaan dengan berbagai metode pendanaan kepada pelanggan.

    Kami ingin setiap pelanggan puas dengan layanan kami, dan kami terus mendorong maju dengan teknologi baru untuk mewujudkan tujuan ini. Kami mengerti bahwa klien kami menginginkan solusi positif dan layanan yang luar biasa saat memilih pinjaman untuk memperbaiki kehidupan pelanggan kami. Dan membantu mereka memecahkan masalah uang mereka. Jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini Via:

    Http: // ibrahimmaisaralenders.wordpress.com
    Email: Ibrahimmaisaralenders@gmail.com
    BBM INVITE: D8CFF0A7

    BalasHapus
  35. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B}

    BalasHapus