Sabtu, 21 Mei 2011

Penilaian Saham (Stock Valuation)


Saham adalah salah satu sekuritas yang diperdagangkan di bursa efek. Saham didefinisikan sebagai penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan usaha dalam suatu perusahaan. Pemegang saham adalah pemilik dari sebuah perusahaan, oleh karena itu pemegang saham bisa memiliki hak untuk memilih direktur-direktur perusahaan yang selanjutnya nakan memilih para fungsional dan manajer yang akan mengelola bisnis.

Jenis-jenis saham berdasarkan cara peralihan hak :
1. Saham atas unjuk (bearer stock).
2. Saham atas nama (registered stock).

Jenis-jenis saham berdasarkan hak tagihan (klaim) :
1. Saham biasa.
2. Saham preferen, yang kemudian dapat diklasifikasikan menjadi :
• Cummulative Prefered Stocks.
• Non Cummulative Prefered.
• Participating Prefered Stocks.

Pemegang saham dapat hadir dalam rapat umum pemegang saham dan memilih secaara langsung. Tetapi pada umumnya mereka mengalihkan hak pilih mereka kepada pihak kedua melalui suatu mandate. Namun, jika tingkat keuntungan memburuk dan para pemegang saham merasa tidak puas, kelompok luar mungkin dapat mengambil mandate tersebut sebagai usaha untuk menggulingkan manajemen dan mengambil alih bisnis. Hal ini dikenal dengan perebutan mandate (proxy fight).

Beberapa metode penilaian harga saham yang bisa digunakan antara lain :
1. Zero Growth.
Dengan menggunakan asumsi bahwa dividen tetap sama untuk selamanya, dan karena arus kas masa depan konstan maka nilai dari zero growth stock adalah present value of perpetuity.

2. Constant Growth.
Dengan menggunakan asumsi bahwa dividen akan tumbuh pada tingkat yang konstan selamanya, dank arena arus kas masa depan tumbuh pada tingkat yang konstan selamanya maka nilai dari constant growth stock adalah present value of a growing perpetuity.

3. Differential Growth.
Dengan menggunkan asumsi bahwa dividen akan tumbuh pada tingkat yang berbeda-beda untuk waktu tertentu dan setelah itu tumbuh pada tingkat yang konstan selamanya. Untuk melakukan penilaian differential growth stock, dibutuhkan data :
• Estimasi dividen di masa depan untuk waktu tertentu.
• Estimasi harga saham di masa depan pada saat saham menjadi constant growth stock.
• Hitunglah total present value dari dividen di masa depan dan harga saham yang telah diestimasi dengan discount rate yang sesuai.

4. Kesempatan Pertumbuhan.
Growth opportunities adalah peluang untuk investasi diproyek dengan NPV positif. Nilai dari sebuah perusahaan dapat dikonsepkan dengan penjumlahan dari perusahaan yang membayar seluruh (100%) pendapatan sebagai dividen dan NPV growth opportunities.

5. Present Value.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar