Powered By Blogger

Sabtu, 21 Mei 2011

Peramalan (Forecasting)

I. Definisi dan Perspektif Peramalan (Forecasting)
Peramalan (forecasting) adalah seni dan ilmu untuk memperikirakan kejadian di masa depan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data masa lalu dan menempatkannya ke masa yang akan datang dengan suatu bentuk model yang matematis, dan bisa juga dalam bentuk prediksi intuisi yang bersifat subjektif. Ataupun bisa juga dengan menggunakan kombinasi model matematis yang disesuaikan dengan pertimbangan yang baik dari seorang manajer.

Peramalan biasanya dapat diklasifikasikan berdasarkan horizon waktu masa depan yang dicakupnya. Horizon waktu terbagi atas beberapa kategori antara lain :
1. Peramalan jangka pendek. Peramalan ini mancakup jangka waktu hingga 1 tahun tetapi umumnya kurang dari 3 bulan. Peramalan ini digunakan untuk merencanakan pembelian, penjadwalan kerja, penjualan, jumlah tenaga kerja, penugasan kerja, dan tingkat produksi.
2. Peramalan jangka menengah. Peramalan ini umumnya mencakup hitungan bulanan hingga waktu 3 tahun. Peramalan ini berguna untuk merencanakan penjualan, perencanaan dan anggaran produksi, anggaran kas, dan menganalisis bermacam-macam rencana operasi.
3. Peramalan jangka panjang. Umunya untuk waktu perencanaan masa 3 tahun atau lebih. Permalan jangka panjang digunakan untuk merencanakan produk baru, pembelanjaan modal, lokasi atau pengembangan fasilitas, serta penelitian dan pengembangan (litbang).

Selain berdasarkan horizon waktu, peramalan juga dapat diklasifikasi berdasarkan aspek strategis dalam perencanaan operasi di masa depan. Tipe ramalan tersebut antara lain :
1. Peramalan ekonomi (economic forecast), menjelaskan siklus bisnis dengan memprediksikan tingkat inflasi, ketersediaan uang, dana yang dibutuhkan untuk membangun perumahan, dan indicator perencanaan lainnya.
2. Peramalan teknologi (technological forecast), memperhatikan tingkat kemajuan teknologi yang dapat meluncurkan produk baru yang menarik, yang membutuhkan pabrik dan peralatan baru.
3. Peramalan permintaan (demand forecast), adalah proyeksi permintaan untuk produk atau layanan suatu perusahaan. Peramalan ini disebut juga Peramalan Penjualan yang mengendalikan produksi, kapasitas, serta sistem penjadwalan dan menjadi input bagi perencanaan keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia.

II. Kepentingan Strategis Peramalan
Peramalan yang baik sangat penting dalam semua aspek bisnis, karena permalan merupakan satu-satunya prediksi atas permintaan hingga permintaan yang sebenarnya diketahui. Peramalan permintaan mengendalikan keputusan di banyak bidang atau aktivitas, antara lain :
1. Sumber Daya Manusia.
Memperkerjakan, melatih, dan memberhentikan pekerja, semuanya bergantung pada permintaan. Jika departemen sumber daya manusia harus memperkerjakan pekerja tambahan tanpa adanya persiapan, akibatnya kualitas pelatihan menurun dan kualitas pekerja juga ikut mengalami penurunan.
2. Kapasitas.
Saat kapassitas tidak mencukupi, kekurangan yang diakibatkannya bisa berarti tidak terjaminnya pengiriman, kehilangan konsumen, dan kehilangan pangsa pasar.
3. Manajemen Rantai Pasokan.
Hubungan yang baik dengan pemasok, dan harga barang serta komponen yang bersaing, salah satunya dipengaruhi oleh keakuratan peramalan (forecasting) yang dilakukan oleh pihak manajemen.

III. Langkah-langkah Sistem Peramalan
Esensi dari peramalan adalah perkiraan peristiwa-peristiwa di waktu yang akan datang atas dasar pola-pola di waktu yang lalu dan penggunaan kebijakan terhadap proyeksi-proyeksi dengan pola-pola yang terdapat pada waktu yang lalu. Peramalan memerlukan kebijakan, sedangkan proyeksi-proyeksi merupakan bagian dari fungsi-fungsi mekanikal.
Proses peramalan terdiri dari beberapa langkah, antara lain :
a. Menetapkan tujuan peramalan.
b. Memilih unsur apa yang akan diramal.
c. Menentukan horizon waktu peramalan.
d. Memilih tipe model peramalan.
e. Mengumpulkan data yang diperlukan untuk melakukan peramalan.
f. Membuat peramalan.
g. Memvalidasi dan menerapkan hasil peramalan.
Terlepas dari suatu sistem permalan yang digunkan, setiap perusahaan atau entitas usaha menghadapi beberapa kenyataan, antara lain :
• Peramalan yang dilakukan tidak ada yang 100% akurat, dan terdapat standar deviasi pada masing-masing teknik dan atau pendekatan yang dilakukan.
• Hampir semua peramalan mengasumsikan bahwa sistem akan tetap stabil.
• Baik peramalan kelompok produk mapun peramalan secara keseluruhan lebih akurat daripada peramalan produk individu.

IV. Pendekatan Dalam Teknik Peramalan
Terdapat dua pendekatan umum peramalan, sebagaimana ada dua acara mengatasi semua model keputusan, yaitu :
a) Peramalan kualitatif (Qualitative Forecast), adalah pendekatan menggunkan model matematis yang beragam dengan data masa lalu dan variable sebab-akibat untuk meramalkan permintaan atau penjualan. Beberapa teknik yang biasa digunakan antara lain adalah :
• Metode Delphi, dimana pengambil keputusan terdiri dari 10 orang pakar yang akan melakukan peramalan, dengan menggunakan responden yang berbeda dimana penilaian dilakukan, dan kelompok ini juga memberikan input pada pengambilan keputusan sebelum peramlan dibuat.
• Keputusan dari pendapat juri eksekutif, dalam metode ini pendapat sekumpulan kecil manajer atau pakar tingkat tinggi, sering dikombinasikan dengan model statistik, dikumpulkan untuk mendapatkan prediksi permintaan kelompok.
• Gabungan dari tenaga penjualan, dalam pendekatan ini setiap tenaga penjualan memperkirakan berapa penjualan yang bisa dilakukan dalam wilayahnya.
• Survei pasar konsumen, metode ini meminta input dari konsumen mengenai rencana pembelian mereka di masa yang akan datang.
b) Peramalan kuantitatif (Quantitative Forecast), adalah pendekatan yang menggabungkan faktor seperti intuisi, emosi, pengalaman pribadi, dan sistem nilai pengambil keputusan untuk meramal. Lima metode yang dapat digunakan antara lain adalah :

i. Time series model :
• Rata-rata Bergerak (Moving Average), menggunakan sejumlah data aktual masa lalu untuk menghasilkan peramalan.

• Penghalusan Eksponensial, merupakan metode peramalan rata-rata bergerak dengan pembobotan yang telah dikembangkan lebih lanjut, namun masih bisa digunakan.

• Pendekatan Naif, adalah teknik peramalan yang mengasumsikan permintaan di periode mendatang sama dengan permintaan terkini.

• Proyeksi Tren, adalah metode peramalan time-series yang menyesuaikan sebuah garis tren pada sekumpulan data masa lalu, dan kemudian diproyeksikan untuk meramalkan masa depan, dan dapat menggunakan tren matematis (seperti eksponensial dan atau kuadratis).

ii. Associative model :
• Kuadrat Terkecil (Least Square Method), pendekatan ini menghasilkan sebuah garis lurus yang meminimalkan jumlah kuadrat dari deviasi vertikal garis pada setiap hasil pengamatan aktual.

V. Menghitung Kesalahan Peramalan
Terdapat beberapa perhitungan yang biasa digunakan untuk menghitung kesalahan peramalan (forecast error) total. Perhitungan ini dapat digunkan untuk membandingkan model peramalan yang berbeda, juga untuk mengawasi peramalan, dan untuk memastikan peramalan berjalan dengan baik. Tiga dari perhitungan tersebut antara lain adalah :
a) Mean Absolute Deviation (MAD), dimana nilai kesalahan dihitung dengan mengambil jumlah nilai absolut dari tiap kesalahan peramalan dibagi dengan jumlah periode data.

b) Mean Squared Error (MSE), dimana nilai kesalahan dihitung dengan menggunakan rata-rata selisih kuadrat antara nilai yang diramalkan dan diamati.

c) Mean Absolute Percent Error (MAPE), dimana kesalahan dihitung dengan menggunakan rata-rata diferensiasi absolut antara nilai yang diramal dengan nilai aktual, dan dinyatakan sebagai persentase nilai aktual. 

5 komentar:

  1. wow, ini dia sangat jelas dan sangat terinci, thanks

    BalasHapus
  2. Halo
    Ny. Rebecca Ellisor kembali ke sini dan memberikan pinjaman peluang seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan konsolidasi atau pinjaman hipotek?
    Kami di sini untuk memberikan semua kesulitan keuangan Anda, kami meminjam dana kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit macet atau membutuhkan uang untuk melunasi utang, dan berinvestasi dalam bisnis dengan suku bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya, kembalilah sekarang melalui

    Kirimi kami email sekarang melalui; (choosenloanfirms@gmail.com) untuk mendaftar.

    BalasHapus
  3. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan para pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan saya pinjaman, saya Saya memerlukan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berutang kepada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya seorangpun untuk menjalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya bernama Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Bunda Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Bunda Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Bunda Alicia Radu dan saya terkejut dengan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Bunda Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Bunda Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  4. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus